Dokumen tersebut merupakan surat keterangan dari Kepala SD Negeri Ketanggan 01 yang memberikan ijin kepada guru Irkham untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut selama dua bulan guna menyusun skripsi tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika melalui metode diskusi berbantuan alat peraga mistar rangkap.
3. 49
PEMERINTAH KABUPATEN BATANG
DINAS PENDIDIKAN PEMUDADANOLAHRAGA
UPTD KECAMATAN GRINGSING
SD NEGERI KETANGGAN 01
/
Alamat : Jl.Raya Ketanggan- Plelen Km 6 Kode Pos 51281 Telp 081575010812
SURAT KETERANGAN
Nomor : 285.4 / 2 /2012
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri Ketanggan 01 Kecamatan
Gringsing Kabupaten Batang menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama
: Son Nanton,S.Pd.SD
NIP
: 19530913 197401 1 001
Jabatan
: Kepala Sekolah SDN Ketanggan 01
Dengan ini memberikan ijin kepada :
Nama
: Irkham
4. NIP
: 19781027 200701 1 008
Jabatan
: Guru Kelas IV SD Negeri Ketanggan 01
Untuk mengadakan Penelitian di SD Negeri Ketanggan 01 Kecamatan Gringsing
Kabupaten Batang mulai tanggal 27 Februari 2012 sampai 30 April 2012.
Adapun tujuan penelitian tersebut adalah untuk menyusun sekripsi yang berjudul
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASI
METODE
DISKUSI BERBANTUAN ALAT PERAGA MISTAR RANGKAP DI SDN
KETANGGAN 01
KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG.
Demikian ijin penelitian ini kami buat untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.
Ketanggan, 27 Februari 2012
Kepala SDN Ketanggan 01
5. Son Nanton,S.Pd.SD
NIP 19530913 197401 1 001
50
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I
Nama Sekolah
: SD NEGERI KETANGGAN 01
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi Pokok
: Operasi hitung Bilangan Bulat
6. Waktu
: 5 JP X 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
B. Kompetensi Dasar
1. Mengurutkan bilangan bulat
2. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
A. Indikator
1. Mengenalkan bilangan bulat
2. Bilangan bulat positif dan negati
3. Mengurutkan bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
4. Melakukan operasi penjumlahan bilangan bulat.
5. Melakukan operasi pengurangan bilangan bulat.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui perga mistar rangkap siswa mampu mengenal bilangan bulat melalui garis
bilangan
2. Melalui operasional peraga mistar rangkap ,siswa dapat mengurutkan bilangan bulat
dari terkecil atau terbesar.
3. Melalui operasional peraga mistar rangkap siswa dapat mengenal bilangan bulat
negatif dan positif.
50
51
4. Melalui operasional peraga mistar rangkap siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan bilangan bulat dengan tepat.
5. Melalui operasional peraga mistar rangkap siswa dapat menentukan hasil
pengurangan bilangan bulat dengan tepat.
7. E. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat ( terlampir )
F. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode
: Diskusi
2. Model Pembelajaran
: Cooperatif Learning
G. Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
1. Mengucapakan salam
2. Mengajak siswa untuk berdoa sesuai agama masing-masing
3. Mencatat ketidak hadiran siswa
4. Menyiapkan kondisi fisik antara lain buku pelajaran,alat peraga,dan LKPD
5. Menginformasikan cakupan dan kegiatan belajar yang dilalui peserta didik
materi pokok yang akan dibahas “Operasi Hitung Bilangan Bulat “ dan
menuliskannya di papan tulis
6. Memberi motivasi kepada siswa
b. Kegiatan Inti ( 80 menit )
Eksplorasi
1.Mengenalkan bilangan bulat yaitu bilangan yang utuh bukan pecahan,terdiri dari
bilangan bulat positif,misal:1,2,3,4,5,.... dan negatif misal: -1,-2,-3,-4,-5 ......
2.Meminta semua siswa mengamati mistar rangkap yang sudah dipersiapkan oleh
siswa dan guru menjelaskan cara menggunakan mistar rangkap lewat proyektor
LCD.Dengan Langkah – langkah :
52
1. Tersedia sepasang penggaris bilangan
2. Letakkan tepat sejajar atas dan bawah
8. 3. Penggaris yang bergeser hanya yang diatas
4.Jika bilangan pertama positif, penggaris geser ke kanan sebanyak bilangan
tersebut . Sehingga nol lurus dengan bilangan tersebut.
5.Jika bilangan pertama negatif, pengaris geser ke kiri sebanayak bilangan
tersebut. Sehingga nol lurus dengan bilangan tersebut.
Elaborasi
1. Guru meminta peserta didik untuk berkelompok dengan anggota masing -
masing 6 anak.guru membagiakan LKPD (terlampir),selanjutnya memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi.
2. Guru berkeliling untuk memberikan penjelasan dan pengamatan kepada
kelompok yang memerlukan.
3. Guru memberikan kepada wakil kelompok yang telah selesai untuk
mempresetasikan hasilnya.
Konfermasi
1. Guru memberikan klarifikasi hasil kegiatan siswa dan memberikan penjelasan
tentang operasi hitung bilangan bulat.
- Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif,nol,dan bulat negative.
- Hasil bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan mistar rangkap.
2. Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari guru, untuk
melaksanakan kegiatan
Penilaian.Guru membagi LTPD untuk dikerjakan sendiri.
c. Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran.
2. Guru memberikan refleksi dan menanyakan .
- Apa materi pokok hari ini ?
- Apa pembelajaran hari ini menyenangkan ?
- Mengapa ?
52
53
3. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
9. Pertemuan II
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
1. Mengucapakan salam
2. Mengajak siswa untuk berdoa sesuai agama masing-masing
3. Mencatat ketidak hadiran siswa
4. Menyiapkan kondisi fisik antara lain buku pelajaran,alat peraga,dan LKPD
5. Mengingatkan kembali pelajaran yang lalu
6. Memberi motivasi kepada siswa
b. Kegiatan Inti ( 20 menit )
Eksplorasi
1.Meminta semua siswa mengamati mistar rangkap yang sudah dipersiapkan oleh
siswa dan guru menjelaskan cara menggunakan mistar rangkap lewat proyektor
LCD. Dengan Langkah – langkah :
a. Tersedia sepasang penggaris bilangan
b. Letakkan tepat sejajar atas dan bawah
c. Penggaris yang bergeser hanya yang diatas
d.Jika bilangan pertama positif, penggaris geser ke kanan sebanyak bilangan
tersebut . Sehingga nol lurus dengan bilangan tersebut.
e.Jika bilangan pertama negatif, pengaris geser ke kiri sebanayak bilangan
tersebut. Sehingga nol lurus dengan bilangan tersebut.
2.Dengan mengunakan mistar rangkap guru melakukan Tanya jawab,untuk
mengiringi peserta didik agar menentukan langkah pada operasi bilangan bulat dengan
serangkaian tugas dan pertanyaan sebagai berikut.:
- Mempersilahkan dua anak maju ,anak yang satu menggunakan alat peraga dan
yang lain menuliskan di papan tulis
Misal : 6 + 3 = ……………
54
- Guru menugaskan siswa secara bergantian untuk mengerjakan soal dengan
menggunakan mistar rangkap,secara berpasangan.
10. Tentukan Nilai N !
a. 3 + (-8) = ……….
b. -5 + 3 = ……….
c. 4 - (-7 ) = ……….
Elaborasi
4. Guru meminta peserta didik untuk berkelompok dengan anggota masing -
masing 6 anak.guru membagiakan LKPD (terlampir),selanjutnya memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi.
5. Guru berkeliling untuk memberikan penjelasan dan pengamatan kepada
kelompok yang memerlukan.
6. Guru memberikan kepada wakil kelompok yang telah selesai untuk
mempresetasikan hasilnya.
Konfermasi
3. Guru memberikan klarifikasi hasil kegiatan siswa dan memberikan penjelasan
tentang operasi hitung bilangan bulat.
- Hasil bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan mistar rangkap.
- Mengurangi suatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan
lawan bilangan pengurangnya missal : -8 – 5 = -8 +(-5) = -13
4. Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari guru, untuk
melaksanakan kegiatan
Penilaian.Guru membagi LTPD untuk dikerjakan sendiri.
c. Kegiatan Akhir (40 menit)
1. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran.
2. Guru memberikan refleksi dan menanyakan .
- Apa materi pokok hari ini ?
- Apa pembelajaran hari ini menyenangkan ?
- Mengapa ?
54
55
3. Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
11. 4. Guru memberikan PR
Kerjakan soal –soal di bawah ini ! ( PR )
1. -19 + 7
= ………
2. -22 – 13
= ……..
3. 36+ (-8 )
= ………
4. 5-(-20)
= ……..
5. 6+ (-7 )
= ……..
H. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat
: Mistar rangkap,LKPD
b. Sumber Belajar
: Gemar Belajar Matematika 4, Aneka Ilmu
Terampil Berhitung Matematika SD Kelas 4,Erlangga
Gemar Berhitung Matematika 4,Grafindo Pratama
I. PENILAIAN
1. Prosedur :
- Tes Awal
: Saat Tanya jawab pada apersepsi
- Tes proses
: Saat proses pembelajaran berlangsung
- Tes Akhir
: Saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis tes :
- Tes tertulis : Tes Obyektif ( LTPD )
- Tes lesan : Tes unjuk kerja
- Tes Portofolio : -
Mengetahui
Ketanggan,15 Maret 2012
Kepala SD N Ketanggan 01
Praktikan
Son Nanton,S.Pd.SD
Irkham
NIP 19530913 197401 1 001
NIM 262010762
12. 56
MATERI AJAR
1. Membaca dan menulis lambang bilangan bulat.
Bilangan bulat terdiri dari bilangan negative , nol , dan bilangan positif
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
Bilangan bulat Bilangan bulat Negative Positif Semua bilangan disebelah kiri nol
Bilangan sebelah kanan nol
Adalah bilangan negative adalah bilangan positif 2. Penjumlahan bilangan bulat
Hasil penjumlahan bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan garis bilangan
Contoh : -4 + 3 = …….
3
-4
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
3. Pengurangan bilangan bulat
Mengurangi suatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan lawan bilangan
pengu
Rangannya.
Contoh : 7 - 4 = 7 + ( -4 ) = 3
7 - ( -2 ) = 7 + 2 = 9
Contoh : Lawan suatu bilangan :
5 lawan dari -5
-13 lawan dari 13
56
13. 57
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
( LKPD )
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
1. Semua bilangan di sebelah kanan nol adalah bilangan ...
2. Semua bilangan disebelah kiri nol adalah bilangan ...
3. Bilangan bulat terdiri dari bilangan ... , ... dan bilangan ...
4. Tentukan hasil penjumlahan bilangan bulat dibawah ini dengan menggunakan mistar
rangkap !
( -7 ) + 6
5. tentukan hasil pengurangan bilangan bulat ini dengan cara menjumlahkan dengan
lawan bilangan pengurangnya !
-18 -7 = ......
Kelompok
:
........................
Ketua
:
........................
Anggota
:
1. ....................
2. ....................
15. 1
1
2
1
3
2
4
3
5
3
Jumlah
10
Skor maksimal 10
Skor yang diperoleh
NA
X 100
Skor maksimal
58
59
KISI-KISI SOAL LTPD
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi
: Operasi hitung bilangan bulat
16. A . Standar Kompetensi
Melakukan operasi hitung bilangan bulat.
KOMPETENSI
RANAH
NOMOR
INDIKATOR
JENIS SOAL
DASAR
KOGNITIF SOAL
Menjumlahkan Siswa dapat membaca Isian
C 1
1
dan
lambang bilangan bulat
mengurangkan
bilangan bulat
Siswa dapat menentukan Isian
C 2
2
hasil penjumlahan bilangan
bulat
positifdengan
bilangan bulat positif
Siswa dapat menentukan Jawaban
C3
3
17. hasil penjumlahan bilangan singkat
bulat
dengan
menggunakan
mistar
rangkap
Jawaban
C3
4
Siswa dapat myelesaikan singkat
soal cerita yang berkaitan
dengan masalah sehari-
hari dengan operasi hitung.
60
LEMBAR TUGAS PESERTA DIDIK
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
18. Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi
: Operasi Hitung Bilangan Bulat
WAKTU
: 5 MENIT
Nama
: ………………………
No Absen
: ………………………
Petunjuk :
1. Kerjakan secara mandiri soal berikut !
2. Setelah selesai , serahkan lembar jawab pada guru
Soal :
1. – 18 dibaca …..
2. Tentukan hasilnya 5+(-3 ) = …..
3. Tentukan hasilnya dengan menggunakan mistar rangkap -8 + 5 = …..
4. Pada pukul 07.00 pagi suhu kota A -2 C . Pada pukul 13.00 suhu kota A naik 4 C.
Berapakah suhu kota A pada pukul 13.00?
60
19. 61
Kunci Jawaban LTPD
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV /II
Materi
: Operasi hitung bilangan bulat
WAKTU
: 5 MENIT
Skor
No Langkah Penyelesaian
( N )
1
Dibaca negative delapan belas
1
2
5+ (-3) = 2
2
20. 3
3
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5
4
-2 + 4 = 2
4
Jadi suhu kota D pada pukul 13.00 adalah 20 c
Jumlah
10
Skor maksimal 10
Skor yang diperoleh
NA
X 100
Skor maksimal
62
LEMBAR OBSERVASI AKTIFITAS SISWA
22. menyumbangk
dan sesekali dan antusias
kelompoknya
n pendapatnya bergurau
dalam
dengan
pembelajaran
temannya
3
Kemampuan
Menyampai
Menyampaikan Menyampaik
Menyampaikan
siswa
kan
dengan dengan
an
dengan dengan
memberikan
intonasi pelan intonasi pelan intonasi
intonasi yang
informasi
dan
sulit mudah
jelas,keras
jelas,keras
kepada
dipahami
dipahami
tapi
sulit mudah
temannya
dipahami
dipahami
4
Kemampuan
Menyampai
Menyampaikan Menyampaik
Menyampaikan
siswa
kan
dengan dengan
an
dengan dengan
mengungkap
intonasi pelan intonasi pelan intonasi
23. intonasi yang
kan
dan
sulit mudah
jelas,keras
jelas,keras
pendapatnya dipahami
dipahami
tapi
sulit mudah
di
depan
dipahami
dipahami
kelas
62
63
Skor maksimal 10
Presentasi Aktifitas Siswa = ( Skor hasil pengamatan : Skor maksimal) X 100 %
Skala Penilaian :
13 – 16
= A ( Sangat baik )
8 - 12
= B ( Baik )
4 - 7
= C ( cukup )
1 - 3
= D ( Kurang )
36. 65
KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SIKLUS I
PERENCANAAN :
PELAKSANAAN :
PENELITI SEDANG MELAKUKAN
PENELITI DAN SISWA DALAM
PEMBUATAN RPP
PROSES PEMBELAJARAN
PELAKSANAAN :
REFLEKSI :
PENELITI DAN SISWA DALAM
PENELITI DAN OBSERVER
PROSES PEMBELAJARAN
SEDANG MEREFLEKSI
37. 66
LEMBAR OBSERVASI
AKTIVITAS MENGAJAR GURU SIKLUS I
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas / Semester
: IV / 2
Tanggal
: 22 Maret 2012
Format Observasi
: Aktivitas Mengajar Guru
Aktivitas Guru
Kemunculan
No
Keterangan
Aspek yang diamati
ada Tidak
1
Apersepsi
√
-
Dilaksanakan
2
Menyampaikan tujuan
√
Dilaksanakan
3
Menjelaskan materi
√
-
Dilaksanakan
38. 4
Menggunakan media pembelajaran
√
-
Dilaksanakan
5
Berlangsung tanya jawab
√
-
Dilaksanakan
6
Pemberian motivasi
√
-
Dilaksanakan
7
Pemberian reward
√
-
Dilaksanakan
8
Terjadi interaksi guru dan murid
√
-
Dilaksanakan
9
Interaksi antar siswa (Metode Diskusi √
-
Dilaksanakan
Berbantuan Alat Peraga Mistar Rangkap)
10 Menjelaskan langkah Metode Diskusi √
-
Dilaksanakan
Berbantuan Alat Peraga Mistar Rangkap
11 Memberikan umpan balik (feed back)
√
-
Dilaksanakan
12 Mengorganisasi waktu yang baik
√
-
Dilaksanakan
13 Membantu / membimbing siswa
√
-
Dilaksanakan
39. 14 Memberikan pre tes
√
-
Dilaksanakan
15 Memberi tes formatif
√
-
Dilaksanakan
16 Memberi tugas kelompok
√
-
Dilaksanakan
17 Memberi tindak lanjut
√
-
Dilaksanakan
18 Kesimpulan materi
√
-
Dilaksanakan
Pengamat,
Hj.Iswati,S.Pd.SD
66
67
LEMBAR OBSERVASI
TINDAKAN GURU DALAM KEGIATAN METODE DISKUSI BERBANTUAN
ALAT
PERAGA MISTAR RANGKAP
SIKLUS I
Mata Pelajaran
40. : Matematika
Kelas/Semester
: IV / 2
Tanggal
: 22 Maret 2012
Format Observasi
: Kegiatan Metode Diskusi Berbantuan Alat
Peraga Mistar Rangkap
Aspek Yang
Kemunculan
No
diobservasikan
Ada
Tidak
Komentar
1.
Mengkoordinasi kelompok
√
-
Dilaksanakan
2.
Memberikan motivasi
√
-
Dilaksanakan
3.
Memberikan tanggapan
√
-
Dilaksanakan
4.
Memberikan arahan
√
-
Dilaksanakan
5.
Memberikan penghargaan
√
-
Dilaksanakan
Pengamat,
41. Hj.Siswati, S.Pd.SD
68
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SKLUS II
Nama Sekolah
: SD NEGERI KETANGGAN 01
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi Pokok
: Operasi hitung Bilangan Bulat
Waktu
: 5 JP X 35 menit
A . Standar Kompetensi
1. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
42. B . Kompetensi Dasar
1. Mengurutkan bilangan bulat
2. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
C . Indikator
6. Menulis bilangan bulat dalam angka dan kata-kata.
7. Menunjukan bilangan bulat dengan mistar rangkap.
8. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
D . Tujuan Pembelajaran
6. Melalui operasional peraga mistar rangkap ,siswa dapat menunjukan bilangan
bulat dengan garis bilangan.
7. Melalui operasional peraga mistar rangkap siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan bilangan bulat dengan tepat.
8. Melalui operasional peraga mistar rangkap siswa dapat menentukan hasil
pengurangan bilangan bulat dengan tepat.
68
69
E . Materi Ajar
Operasi hitung bilangan bulat ( terlampir )
F . Metode dan Model Pembelajaran
3. Metode
: Diskusi
4. Model Pembelajaran
: Cooperativ Learning
G . Langkah Pembelajaran
43. Pertemuan I
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
9. Mengucapakan salam
10. Mengajak siswa untuk berdoa sesuai agama masing-masing
11. Mencatat ketidak hadiran siswa
12. Menyiapkan kondisi fisik antara lain buku pelajaran,alat peraga,dan LKPD
13. Menginformasikan cakupan dan kegiatan belajar yang dilalui peserta didik materi
pokok yang akan dibahas.
14. Memberi motivasi kepada siswa
b. Kegiatan Inti ( 80 menit )
Eksplorasi
1.Meminta semua siswa mengamati mistar rangkap namum belum lengkap dan
beberapa siswa disuruh melengkapi sesuai urutan bilangan.
2.Dengan mengunakan mistar rangkap guru melakukan Tanya jawab,untuk
mengiringi peserta didik agar menentukan langkah pada operasi bilangan bulat
dengan serangkaian tugas dan pertanyaan sebagai berikut.:
- Mempersilahkan dua anak maju ,anak yang satu menggunakan alat peraga
dan yang lain menuliskan di papan tulis
Misal : 6 + 3 = N
- Guru menugaskan siswa secara bergantian untuk mengerjakan soal dengan
menggunakan mistar rangkap,secara berpasangan.
Tentukan Nilai N !
c. 3 + (-8) = n
70
d. -5 + 3 = n
e. 4 - (-7 ) = n
Elaborasi
7. Guru meminta peserta didik untuk berkelompok dengan anggota masing -
masing 6 anak.guru membagiakan LKPD (terlampir),selanjutnya memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi.
8. Guru berkeliling untuk membimbing kelompok yang memerlukan.
44. 9. Guru memberikan kepada wakil kelompok yang telah selesai untuk
mempresetasikan hasilnya.
Konfermasi
5. G uru memberikan klarifikasi hasil kegiatan siswa dan memberikan penjelasan
tentang operasi hitung campuran bilangan bulat.
-Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif,nol,dan bulat negative.
-Hasil bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan garis bilngan.
-mengurangi suatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan
lawan bilangan pengurangnya missal : -8 – 5 = -8 +(-5) = -13
c. Kegiatan Akhir (15 menit )
1. Bersama –sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
2. Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari guru,untuk
melaksanakan kegiatan penilaian .
3.Guru membagiakan LTPD,siswa mengerjakan sendiri.
4. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran.
4.Guru memberikan refleksi dan menanyakan :
-Apakah materi pelajaran yang kita bahas hari ini?
- Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?
-Ada yang ingin menyampaikan pertanyaan ?
70
71
Pertemuan II
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
1. Mengucapakan salam
2. Mengajak siswa untuk berdoa sesuai agama masing-masing
3. Mencatat ketidak hadiran siswa
4. Menyiapkan kondisi fisik antara lain buku pelajaran,alat peraga,dan LKPD
45. 5. Menginformasikan cakupan dan kegiatan belajar yang dilalui peserta didik materi
pokok yang akan dibahas.
6. Memberi motivasi kepada siswa
b. Kegiatan Inti ( 80 menit )
Eksplorasi
1.Meminta semua siswa mengamati mistar rangkap namum belum lengkap dan
beberapa siswa disuruh melengkapi sesuai urutan bilangan.
2.Dengan mengunakan mistar rangkap guru melakukan Tanya jawab,untuk
mengiringi peserta didik agar menentukan langkah pada operasi bilangan bulat
dengan serangkaian tugas dan pertanyaan sebagai berikut.:
- Mempersilahkan dua anak maju ,anak yang satu menggunakan alat peraga
dan yang lain menuliskan di papan tulis
Misal : 6 + 3 = N
- Guru menugaskan siswa secara bergantian untuk mengerjakan soal dengan
menggunakan mistar rangkap,secara berpasangan.
Tentukan Nilai N !
c. 3 + (-8) = n
d. -5 + 3 = n
e. 4 - (-7 ) = n
Elaborasi
f. Guru meminta peserta didik untuk berkelompok dengan anggota
masing -masing 6 anak.guru membagiakan LKPD
(terlampir),selanjutnya memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk berdiskusi.
g. Guru berkeliling untuk membimbing kelompok yang memerlukan.
72
h. Guru memberikan kepada wakil kelompok yang telah selesai untuk
mempresetasikan hasilnya.
Konfermasi
6. G uru memberikan klarifikasi hasil kegiatan siswa dan memberikan penjelasan
tentang operasi hitung campuran bilangan bulat.
46. -Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif,nol,dan bulat negative.
-Hasil bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan garis bilngan.
-mengurangi suatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan
lawan bilangan pengurangnya missal : -8 – 5 = -8 +(-5) = -13
c.
Kegiatan Akhir
1. Bersama –sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi.
2. Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan tugas dari guru,untuk
melaksanakan kegiatan penilaian .
3. Guru membagiakan LTPD,siswa mengerjakan sendiri.
4. Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari
selama pembelajaran.
5.Guru memberikan refleksi dan menanyakan :
-Apakah materi pelajaran yang kita bahas hari ini?
- Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?
-Ada yang ingin menyampaikan pertanyaan ?
H. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat
: Mistar rangkap,LKPD
b. Sumber Belajar : Gemar Belajar Matematika 4, Aneka Ilmu
Terampil Berhitung Matematika SD Kelas 4,Erlangga
Gemar Berhitung Matematika 4,Grafindo Pratama
72
73
I.PENILAIAN
1. Prosedur :
47. - Tes Awal : Saat Tanya jawab pada apersepsi
- Tes proses : Saat proses pembelajaran berlangsung
- Tes Akhir : Saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis tes :
- Tes tertulis : Tes Obyektif
- Tes lesan : Tes unjuk kerja
-
Mengetahui
Ketanggan, 5 April 2012
Kepala SD N Ketanggan 01
Praktikan
Son Nanton,S.Pd.SD
Irkham
NIP 19530913 197401 1 001
NIM 262010762
48. 74
MATERI AJAR
1.Membaca dan menulis lambang bilangan bulat.
Bilangan bulat terdiri dari bilangan negative , nol , dan bilangan positif
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
Bilangan bulat Bilangan bulat Negative Positif Semua bilangan disebelah kiri nol
Bilangan sebelah kanan nol
Adalah bilangan negative adalah bilangan positif 2.Penjumlahan bilangan bulat
Hasil penjumlahan bilangan bulat dapat dicari dengan menggunakan garis bilangan
Contoh : -4 + 3 = …….
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
3.Pengurangan bilangan bulat
Mengurangi suatu bilangan sama artinya dengan menjumlahkan dengan lawan bilangan
pengu
Rangannya.
Contoh : 7 - 4 = 7 + ( -4 ) = 3
7 - ( -2 ) = 7 + 2 = 9
Contoh : Lawan suatu bilangan :
5 lawan dari -5
-13 lawan dari 13
74
49. 75
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
( LKPD )
Kegiatan Awal
-10 -9 -8 …. ….. -5 ….. ….. ….. ….. 0 1 ….. ….. 4 5 ….. ….. 8
1.Semua bilangn di sebelah kanan no adalah bilangan ……
2.Semua bilangan di sebelah kiri nol adalah bilangan ….
3.Bilangan bulat terdiri dari bilangangan …….,……, dan bilangan ….
Kegiatan Inti
4.Tentukan hasil penjumlahan bilangan bulat di bawah ini deng an menggunakan garis
bilangan !
a. ( -7 ) + 6 = …….
b. ( - 3 ) + (- 7 ) = …….
-11 -10 -9 -8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
-11 -10 -9 -8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8
5.Tentukan hasil pengurangan bilangan bulat di bawah ini dengan cara menjumlahkan
dengan lawan bilangan pengurangnya !
a. 18 - 7 = …..
b. 30 - (-14 ) = …..
51. 76
77
KISI-KISI SOAL TES
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV /II
Materi
: Operasi hitung bilangan bulat
A . Standar Kompetensi
Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
KOMPETENSI
INDIKATOR
JENIS
RANAH
NOMOR
DASAR
SOAL
KOGNITIF SOAL
Mengurutkan
Siswa dapat membaca lambing Isian
C 1
1
bilangan bulat
bilangan bulat
Menjumlahkan
52. dan
Siswa dapat menentukan hasil
Isian
C 2
2
mengurangkan
penjumlahan bilangan bulat
bilangan bulat
dengan menggunakan garis
bilangan
J
awab
C3
3
Disajikan soal cerita yang
singkat
berkaitan dengan masalah
sehari-hari.Siswa dapat
menyelesaikan dengan operasi Uraian
C6
4
hitung
53. 78
LEMBAR TUGAS PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi
: Operasi hitung bilangan bulat
WAKTU
: 5 MENIT
Nama
: …………………………
No Absen
: ……………………………
54. Petunjuk :
1.Kerjakan secara mandiri soal berikut !
2.Setelah selesai , serahkan lembar jawab pada guru 1
Soal :
5. – 28 dibaca . . . .
6. Tentukan dengan menggunakan garis bilangan -10 + 6 = . . . .
7. Pada pukul 07.00 pagi suhu kota A -2 C . Pada pukul 13.00 suhu kota A naik 4 C.
Berapakah suhu kota A pada pukul 13.00 ?
8. Amir mempunyai uang Rp 1500 , diberikan adiknya Rp 550.Berapa sisa uang Amir
78
79
1.Kunci Jawaban LKPD
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV / II
Materi
: Hitung bilangan bulat
WAKTU
: 5 MENIT
55. Kegiatan Awal ;
-10 -9 -8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
1.bilangan negative
2.bilangan positif
3.bilangan bulat negative ,nol dan bulat positif
Kegiatan Inti :
1. -1
2. -11
3. 8
80
2.Kunci Jawaban LTPD
Mata Pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / Semester
: IV /II
56. Materi
: Hitung bilangan bulat
WAKTU
: 5 MENIT
1.negative dua puluh delapan
2. -10 + 6 = -4
-10 -9 -8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
3. n = -2 + 4
N = 2
Jadi suhu kota A pada pukul 13.00 adalah 2 C
4. 1500 – 550 = 950
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 10
Nilai Akhir = ( Skor yang diperoleh : Skor maksimal ) X 100
80
81
LEMBAR OBSERVASI AKTIFITAS SISWA
57. N
Aspek
Deskriptor
O Pembelajaran
Kurang
cukup
Baik
Baik sekali
1 Kemampuan
Menjawab
Menjawab
Menjawab
Menjawab
siswa
dengan
dengan
dengan
dengan
menjawab
bahasa yang
informasi pelan intonasi yang
intonasi yang
pertanyaan
sulit dipahami
dan dipahami
jelas,keras tapi jelas,keras
guru
sulit dipahami
mudah
dipahami
2 Kemampuan
Hanya diam
Berbicara
Menyumbang
Menyumbang
siswa bekerja
dan melamon
sendiri dan
kan
kan
sama dengan
sedikit
pendapatnya
pendapatnya
kelompoknya
58. menyumbang
dan sesekali
dan antusias
kan
bergurau
dalam
pendapatnya
dengan
pembelajaran
temannya
3 Kemampuan
Menyampaikan Menyampaikan Menyampaikan Menyampaik
siswa
dengan
dengan
dengan
an dengan
memberikan
intonasi pelan
intonasi pelan
intonasi
intonasi yang
informasi
dan sulit
mudah
jelas,keras tapi jelas,keras
kepada
dipahami
dipahami
sulit dipahami
mudah
temannya
dipahami
4 Kemampuan
Menyampaikan Menyampaikan Menyampaikan Menyampai
siswa
dengan
dengan
dengan
kan dengan
mengungkap
intonasi pelan
intonasi pelan
intonasi
intonasi yang
kan
59. dan sulit
mudah
jelas,keras tapi jelas,keras
pendapatnya
dipahami
dipahami
sulit dipahami
mudah
di depan kelas
dipahami
82
Skor maksimal 10
Presentasi Aktifitas Siswa = ( Skor hasil pengamatan : Skor maksimal) X 100 %
Skala Penilaian :
13 – 16 = A ( Sangat baik )
8 - 12 = B ( Baik )
4 - 7 = C ( cukup )
1 - 3 = D ( Kurang )
71. 84
KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SIKLUS II
PERENCANAAN :
PELAKSANAAN :
PENELITI SEDANG
PENELITI DAN SISWA DALAM
MELAKSANAKAN PEMBUATAN RPP
PROSES PEMBELAJARAN
OBSERVASI :
REFLEKSI :
OBSERVER SEDANG
PENELITI DAN OBSERVER
LEMBAR OBSERVASI
MELAKSANAKAN OBSERVASI
SEDANG MEREFLEKSI
84
72. 85
AKTIVITAS MENGAJAR GURU SIKLUS II
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas / Semester
: IV / 2
Tanggal
: 12 April 2012
Format Observasi
: Aktivitas Mengajar Guru
Aktivitas Guru
Kemunculan
No
Keterangan
Aspek yang diamati
Ada
Tidak
1
Apersepsi
√
-
Dilaksanakan
2
Menyampaikan tujuan
√
-
Dilaksanakan
3
Menjelaskan materi
√
73. -
Dilaksanakan
4
Menggunakan media pembelajaran
√
-
Dilaksanakan
5
Berlangsung anya jawab
√
-
Dilaksanakan
6
Pemberian motivasi
√
-
Dilaksanakan
7
Pemberian reward
√
-
Dilaksanakan
8
Terjadi interaksi guru dan murid
√
-
Dilaksanakan
9
Interaksi antar siswa (kerja kelompok)
√
-
Dilaksanakan
10
Menjelaskan langkah kerja kelompok
√
-
Dilaksanakan
11
Memberikan umpan balik (feed back)
√
-
Dilaksanakan
12
Mengorganisasi waktu yang baik
√
-
74. Dilaksanakan
13
Membantu / membimbing siswa
√
-
Dilaksanakan
14
Memberikan pre tes
√
-
Dilaksanakan
15
Memberi tes formatif
√
-
Dilaksanakan
16
Memberi tugas kelompok
√
-
Dilaksanakan
17
Memberi tindak lanjut
√
-
Dilaksanakan
18
Kesimpulan materi
√
-
Dilaksanakan
Pengamat,
Hj.Iswati,S.Pd.SD
75. 86
LEMBAR OBSERVASI
TINDAKAN GURU DALAM METODE DISKUSI BERBANTUAN ALAT
PERAGA
MISTAR RANGKAP
SIKLUS II
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: IV / 2
Tanggal
: 12 April 2012
Format Observasi
: Metode Diskusi Berbantuan Alat Peraga Mistar
Rangkap
Aspek Yang
Kemunculan
No
diobservasikan
Ada
Tidak Keterangan
1.
Mengkoordinasi kelompok
√
-
Dilaksanakan
2.
Memberikan motivasi
√
-
78. 87
PEMERINTAH KABUPATEN BATANG
DINAS PENDIDIKAN PEMUDADANOLAHRAGA
UPTD KECAMATAN GRINGSING
SD NEGERI KETANGGAN 01
/
Alamat : Jl.Raya Ketanggan- Plelen Km 6 Kode Pos 51281 Telp 081575010812
SURAT KETERANGAN
Nomor : 285.4 / 2 /2012
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SD Negeri Ketanggan 01 Kecamatan
Gringsing Kabupaten Batang menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :
Nama
: Son Nanton,S.Pd.SD
NIP
: 19530913 197401 1 001
Jabatan
: Kepala Sekolah SDN Ketanggan 01
Dengan ini memberikan ijin kepada :
Nama
: Irkham
79. NIP
: 19781027 200701 1 008
Jabatan
: Guru Kelas IV SD Negeri Ketanggan 01
Untuk mengadakan Penelitian di SD Negeri Ketanggan 01 Kecamatan Gringsing
Kabupaten Batang mulai tanggal 27 Februari 2012 sampai 30 April 2012.
Adapun tujuan penelitian tersebut adalah untuk menyusun sekripsi yang berjudul
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI IMPLEMENTASI
METODE
DISKUSI BERBANTUAN ALAT PERAGA MISTAR RANGKAP DI SDN
KETANGGAN 01
KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG.
Demikian ijin penelitian ini kami buat untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.
Ketanggan, 27 Februari 2012
Kepala SDN Ketanggan 01
80. Son Nanton,S.Pd.SD
NIP 19530913 197401 1 001
88
KESEDIAAN TEMAN SEJAWAT
Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :
Nama
: Hj. ISWATI, SPd,SD
NIP
: 19630627 198304 2 001
Tempat mengajar
81. : SD Negeri Ketanggan 01
Alamat Mengajar
: Desa Ketanggan Kec.Gringsing Kab. Batang
Jabatan
: Guru Kelas III SDN Ketanggan 01
Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam
pelaksanaan PTK atas nama :
Nama
: IRKHAM, A.Ma
NIP
: 19781027 200701 1 008
Jabatan
: Guru Kelas IV SDN Ketanggan 01
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Gringsing, 27 Februari 2012
Mengetahui
Kepala SDN Gringsing 01
Teman Sejawat
SON NANTON,S.Pd.SD
Hj. ISWATI,S.Pd.SD
NIP 19530913 197401 1 001
NIP 19630627 198304 2 001
88
82. 89
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama
: IRKHAM, A.Ma
NIP
: 19781027 200701 1 008
Jabatan
: Guru Kelas IV SD Negeri Ketanggan 01
Menyatakan :
Nama
: Hj.ISWATI,S.PdSD
NIP
: 19630627 198304 2 001
Tempat Mengajar
: SD Negeri Ketanggan 01
Alamat Mengajar
: Desa Ketanggan Kec.Gringsing Kab.Batang
Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan
pembelajaran yang merupakan tugas KKG Bermutu Gugus Cokro Kembang
Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.
83. Gringsing, 27 Februari 2012
Yang membuat pernyataan
Teman Sejawat
Peneliti
Hj.ISWATI,S.PdSD
IRKHAM, A.Ma
NIP 19630627 198304 2 001
NIP 19781027 200701 1 008
90
90